/Fakta Menarik Dibalik Peringatan Hari Guru Nasional 25 November, dari Sejarah dan Bentuk Perayaannya

Fakta Menarik Dibalik Peringatan Hari Guru Nasional 25 November, dari Sejarah dan Bentuk Perayaannya

Fakta Menarik Dibalik Peringatan Hari Guru Nasional 25 November, dari Sejarah dan Bentuk Perayaannya – Tepat pada hari ini Minggu, 25 November 2018 masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Momen tersebut merupakan sebuah penghargaan atas jasa para guru yang telah ikut mencerdaskan anak bangsa. Penetapan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Selain ditetapkan menjadi Hari Guru Nasional, tanggal 25 November juga dijadikan sebagai hari lahir organisasai Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Ada banyak cara memperingati momen spesial ini. Namun, dibalik Peringatan tersebut ada Fakta Menarik yang sudah dilansir dari Tribunnews :

1.Sebelum Bernama PGRI

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya.

Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Sebelum dicetuskan Hari Guru pada tanggal 25 November, para guru lebih dulu mendirikan Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1912.

Dilansir dari Tribun Jateng, persatuan tersebut dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berisikan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah.

Kemudia PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932. Lalu ,tepat tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) terbentuk.

2.Peresmian Hari Guru

Dua bulan setelah merdeka, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia untuk pertama kalinya, pada 24–25 November 1945 di Surakarta.

Setelah konggres tersebut tepat pada 25 November 1945, menghasilkan pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pada tanggal itulah dianggap sebagai Hari Guru meski belum ada keputusan resmi dari pemerintah. Baca: 7 Film Indonesia tentang Perjuangan Seorang Guru yang Cocok Ditonton di Momen Hari Guru Nasional

Pemerintah baru meresmikan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November tahun 1994. Hari Guru Nasional sendiri resmi diperingati dengan dasar Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

3.Bukan Hari Libur

Di Indonesia, Hari Guru tidak termasuk hari libur resmi. Namun, di beberapa negara lain, Hari Guru merupakan hari libur sekolah

4.Peringatan Hari Guru Berbeda-Beda

Tanggal memperingati Hari Guru di setiap negara berbeda. Indonesia menetapkan Hari Guru Nasional pada 25 November. Baca: Hari Guru Nasional – Ini 7 Artis Tanah Air yang Ternyata juga Seorang Guru

Contohnya Amerika menetapkan Hari Guru pada Minggu pertama di bulan Mei. Sedangkan Filipina 5 Oktober, Hongkong 10 September, Korea Selatan 15 Mei dan lain-lain.

5.Bentuk Perayaan Di Dunia

India, Perayaan hari guru di India dimulai dari anak-anak yang mendekorasi kelas mereka, mengatur acara khusus dan memberikan hadiah kepada guru. Lithuania, Eropa, Sebaliknya, siswa senior yang mengisi kelas untuk siswa junior di sekolah dan guru menghadiri konser yang dilakukan oleh siswa. Untuk merayakan hari itu, berbagai acara tingkat nasional dan pameran diselenggarakan untuk semua guru di negara yang bertujuan memperkuat ikatan antara guru dan siswa.

Vietnam, Cara yang populer merayakan hari istimewa di negara ini adalah para siswa yang mengatur perjalanan liburan kejutan untuk guru mereka sebagai bentuk terima kasih. Brunei,Kebijakan ini berlanjut hingga tanggal dan siswa di negara tersebut diizinkan untuk menerima kelas mata pelajaran favorit mereka dengan biaya minimal.

TAGS: